13 Tahun Telkomsel Leading in Service

Jaringan Kuat, Komunikasi Murah, Pelanggan Puas


PERSAINGAN bisnis komunikasi selular, terus meningkat seiring dengan pertumbuhan operator telekomunikasi genggam di Indonesia. Persaingan ketat antar operator terjadi dan pelayanan terbaik menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan (konsumen). Telkomsel yang merayakan ulang tahun ke-13 tahun, mampu melawan mitos. Melawan mitos angka 13, yang dipercaya sebagian masyarakat dibeberapa negara, termasuk Indonesia sebagai “angka sial”. Bahkan diumur ke-13, Telkomsel mampu bertahan sebagai operator terbaik yang menjadi pilihan utama pengguna ponsel. Telkomsel mampu membalikkan mitos “angka sial” dengan pelanggan terbesar di Indonesia yang mencapai 52 juta pelanggan dari sekitar 240 juta penduduk Indonesia. Telkomsel hidup, tumbuh, berkembang dan menghadirkan inovasi-inovasi tarif dan fitur baru dalam perjalanannya.
Tiga produk Telkomsel, masing-masing kartu HALO, Simpati dan Kartu AS, mempu memuncaki pelanggan terbesar, dibanding produk perusahaan operator telekomunikasi di Indonesia, karena mengedepankan servis. Jaminan jaringan seluas wilayah Indoensia, sinyal kuat, tarif bersaing dan fitur menarik yang ditawarkan, menjadi daya tarik Telkomsel. Di tengah persaingan yang ketat itulah, Telkomsel mampu bertahan sebagai pemenang jumlah pelanggan yang cukup fantastis, 52 juta pelanggan. Hal itu membuktikan Telkomsel menjadi idola “pedagang” dan konsumen. Sukses tidak bisa dilepas dari efek domino yang ditimbulkan kemapanan management dan strategi hingga produk unggulan Tekomsel.
Telkomsel menghadirkan kisah sukses, tidak bagi perusahaannya, tapi bagi pengguna produk telkomsel dan pedagang produknya. Mitra dealer dan mitra reseller M-KIOS mampu meraup keuntungan dibandingkan penjualan produk operator lainnya. Jadi, apa pun yang diraih Telkomsel, tidak bisa dilepaskan dari mitra Telkomsel. Operator telekomunikasi selular pertama di Indonesia ini, juga tidak pernah melupakan pihak yang membantu kesuksesan Telkomsel selama 13 tahun. Penghargaan dan koordinasi dengan pelaku industri seperti content provider, industri kreatif, creator visual, webpreneur, operator dan regulator terus dilakukan.
Telkomsel selalu memberikan perhatian dan memastikan kesiapan customer service baik walk-in maupun on-line. Telkomsel selalu mengedepankan kualitas layanan telekomunikasi. Bagi pelanggan, keistimewaan serta keunggulannya selalu jadi daya tarik dalam pasaran operator telekomunikasi. Telkomsel mampu menghadirkan rumusan-rumusan dalam perhitungan angka-angka hemat dalam penggunaan pulsanya. Pada usianya yang ke-13 tahun, Telkomsel menghadirkan berbagai kisah menarik sebagai kisah sukses Telkomsel. Telkomsel juga menjadi bagian dari kisah hidup masyarakat Indonesia modern, yang berkembang menerebos batas wilayah darat dan lautan.
Dengan berbagai inovasi, pelayanan dan kualitas produk, tidak heran jika dihampir semua konter ponsel atau agen pulsa dan nomor perdana pra bayar, didominasi produk Telkomsel. Bahkan hampir semua penjual kartu perdana GSM dan pulsa yang ditemui penulis, selalu mengaku, produk Telkomsel jauh lebih mudah dan cepat dijual.
Tingginya peminat produk Telkomsel, membuat kartu perdananya, ada yang dijual hingga mendekati angka Rp1 juta. Penjualan dengan harga yang beragam, mulai Rp13 ribu hingga Rp1 juta bisa didapatkan di mal-mal di Batam, seperti lantai dasar BCS Baloi, Lucky Plasa. Untuk nomor Simpati yang tujuh angka belakangnya dijual nilai sekitar Rp1 juta, seperti nomor Simpati, 08137222222 di salah satu konter ponsel di BCS. Biasanya, nomor kartu perdana masuk kategori nomor cantik, jika mudah “diingat”.
Keunggulan-keunggulan Telkomsel, menyebabkan selama lima tahun sejak ajang bergengsi, Selular Award sebagai anugerah tertinggi kategori GSM dan CDMA digelar, kedudukan Telkomsel tidak tergoyahkan sebagai ”Best Overall Operator”. Pengakuan keunggulan produk Telkomsel “kuat” prestasi dalam mendapatkan penghargaan lainnya untuk Best Brand for GSM operator, The Trusted Brand for GSM prepaid (simpati), The Trusted Brand for GSM postpaid (kartu HALO), dan Best Brand for GSM postpaid (kartu HALO).
Kalaupun Telkomsel hanya sebuah cerita dongeng, ceritanya akan menarik minat pembaca. Sejak kehadirannya, Telkomsel menjadi pelopor dalam inovasi layanan dan dia menjadi inovasi tarif selular. Menarik jika kita mulai mencoba merenungkan, menghitung dan menimbang-nimbang, bagaimana Telkomsel bisa bertahan sebagai operator terbesar baik, pelanggan dan inovasi. Hebatnya Telkomsel, bukan karena mampu bertahan, namun menjadi terkemuka dalam inovasi, terbaik dalam pelayanan serta terbesar untuk jumlah pelanggan.
Kehadirannya, Telkomsel juga menghadirkan kisah-kisah dari pelanggannya. Sadar atau tidak, jaringan yang luas dengan tarif murah menjadikan pelanggan, sebagai marketing Telkomsel. Pelanggan memiliki andil besar, kalau tidak mau disebut terbesar dalam “marketing” Telkomsel karena secara tidak langsung ikut mempromosikan produk Telkomsel.
Selain itu, dengan fasilitas yang disediakan Telkomsel untuk kartu perdananya, mampu membuat pelanggan betah menggunakannya. Misalkan HALOhybrid yang menyediakan paskabayar dan prabayar dalam satu kartu. Kalau pulsa sudah habis, pelanggan juga bisa menggunakan layanan Telkomsel Call Me 808. Melalui layanan ini, Telkomsel akan membantu menyampaikan pesan agar pihak yang dihubungi, menghubungi pelanggan Telkomsel itu.
Salah seorang anggota DPRD Batam, Sahat Sianturi dalam pembicaraan dengan penulis, meyakini jika Telkomsel akan terus menjadi pemuncak operator telekomunikasi. Pelanggan Telkomsel sejak sekitar 10 tahun lalu yang menggunakan nomor 0811701925 ini beralasan, pelayanan baik, tarif bersaing jadi dan jaringan terbesar jadi kekuatannya.
Cerita kesetiaan juga hadir seorang buruh, Netti Derma, yang bekerja di PT Unisem di Batamindo. Kini ibu satu anak yang menggunakan nomor HALOHybrid 08117000*** ini menggunakan ponsel pada awal tahun 1998.Selama itu, dia sudah lima kali ganti nomor ponsel. Menariknya, walau ganti nomor, Netti tidak pernah ganti operator. Dia tetap setia diproduk Telkomsel. Kalaupun ganti kartu perdana, tetap diseputar produk Telkomsel. Dia hanya “berpindah” dari Simpati, kemudian ke kartu Halo, ke kartu AS dan kini kembali menggunakan kartu HALO. Bedanya, dia kini menggunakan HALOhybrid yang menerapkan tarif menelpon 5 menit, hanya bayar 3 menit sepanjang hari, dengan hitungan, Rp 10 per detik.
Tarif murah ini semakin memanjakannnya setelah sebelumnya pelanggan dimanjakan layanan paskabayar dan prabayar dalam satu nomor, miliknya. Netti menggunakan kartu operator bukan sekedar karena tarif lagi, namun karena fitur yang disediakan. Bahkan untuk fitur ini, video call menjadi “obat pelepas rindu” untuk keluarganya di Sumatera Utara.
Komunikasi dengan keluarga-keluarganya di desa Sigaol, tepatnya Sumatera Utara, berjalan baik karena jaringan Telkomsel hadir dikampung halamannya selama 6 tahun belakangan ini. Ini bagian dari terobosan Telkomsel yang selama 13 tahun hadir, sudah membangun sebanyak 27 ribu BTS dan menghadirkan 350.000 titik pelayanan. Seperti call center sebanyak 4 area, GraPARI 68 titik, GeraiHALO 245 titik, Plasa GraPARI 34 titik, outlet dealer Telkomsel sebanyak 5.000 titik, M Kios 342.000 titik, KiosHALO 2.300 titik dan retail nasional 3.153 titik.
Cerita di atas hanya dua dari sekian banyak pengalaman pelanggan yang sudah ikut andil dalam membesarkan Telkomsel. Tidak hanya karyawan dan masyarakat kecil di negeri ini yang menggunakan kartu perdana Telkomsel. Pejabat, pengusaha dan politisi juga mayoritas menggunakan operator produk Telkomsel. Keberagaman pelanggan produk Telkomsel juga tergambar dari penggunaan produk operator tersebut di Provinsi Kepulauan Riau, mulai Gubernur, Walikota Batam , Wakil Wali Kota Batam, Ketua DPRD Kepri Nur Syafriadi dan Ketua DPRD Batam Soerya Respationo. Kalangan pengusaha juga banyak yang mengandalkan kartu selular produk Telkomsel. Misalkan, Ketua KADIN Kepri, Ketua Kadin Batam dan Ketua APINDO Kepri.
Kebutuhan pengusaha juga menjadi salah satu perhatian Telkomsel, dengan mengeluarkan program Telkomsel Corporate Business Solutions. Telkomsel menawarkan berbagai solusi dengan value mengembangkan bisnis pengusaha dengan kemampuan mobility, Telkomsel membantu meningkatkan efisiensi operasional melalui penerapan wireless connectivity, untuk meningkatkan keuntungan, efisiensi serta efektivitas pekerjaan dan perusahaan.
Peningkatan pelayanan Telkomsel tidak sampai di situ. Telkomsel terus mengembangkan tehnologi dan pelayanan serta fiturnya. Para pengusaha juga meluncurkan small and remote office connectivity. Layanan ini akan membantu pengusaha melakukan koordinasi dengan cabang-cabang perusahaan di daerah terpencil secara nirkabel melalui jaringan GPRS.
Aktivitas para pejabat, politisi dan pengusaha dan pelanggan dari semua tingkatan juga mendapat dukungan Telkomsel melalui fitur yang disajikan untuk pelanggan HALO. Seperti layanan BlackBerry® Internet Service (BIS), push email terlengkap, HALOventus, Blackberry, Microsoft Direct Push dan Telkomsel You’ve Got Mail. Pelanggan kartu Simpati memiliki layanan yang disediakan Telkomsel untuk memajakan pelanggannuya. Simpati yang populer disemua kalangan, dilengkapi dengan beragam layanan seperti, mobile wallet T-Cash, layanan 3G, mobile banking, push email, Transfer Pulsa, International Roaming, Nada Sambung Pribadi dan Telkomsel pelindung dataku sebagai back-up data pelanggan.
Di era selular berbasis mutu layanan saat ini dengan persaingan keras di pasaran telekomiunikasi, Telkomsel menyiapkan seluruh komponen infrastruktur layanannya termasuk kualitas jaringannya dan tarif. murah. Pengguna kartu AS juga mendapat tarif istimewa, atau disebut tarif hemat. Tarif hemat ini disajikan dengan sebesar Rp 13 per detik. Untuk produk-produk Telkomsel, diberlakuan tarif dasar yang bersifat tetap dan promosi bersifat temporer (berbatas waktu) dan nilainya selalu lebih rendah bila dibandingkan dengan tarif dasar. Tapi intinya, dua tarif ini sama-sama masuk kategori murah. Pemberlakuan tarif murah ini dilakukan untuk produk Pasca Bayar (KartuHalo) dan Prabayar (Simpati dan Kartu As).
Penerapan tarif juga memanjakan pelanggan kartu AS setelah sebelumnya diterapkan tarif flat Rp 20 per detik sesama Telkomsel. Tarif SMS (short message service) juga cukup hemat dengan biaya Rp 88 per SMS. Kehadiran kartu AS, sebagai salah satu produk Telkomsel yang baru berusia sekitar empat tahun dan sudah digunakan sekitar 21 juta pelanggan, membuktikan kepercayaan pelanggan atas produk Telkomsel. Pelayanan terbaik yang disajikan Telkomsel melalui tarif hemat, dan fitur canggih menjadikan kepercayaan pelanggan terjaga.
Di tengah persaingan yang ketat dengan operator telekomunikasi lainnya, Telkomsel juga tidak pernah melupakan hal lain di luar bisnis. Telkomsel memberikan perhatian untuk masalah sosial. Perjuangan, komitmen, pelayanan dan aktivitas sosial yang menjadi komitemen Telkomsel. Selamat Ulang Tahun ke-13, semoga Telkomsel mampu menjaga kehadirannya dihati pelanggan, masyarakat, mitranya. Salam.


Comments